8 Cara Jitu Mempromosikan Bisnis Online

8 Cara Jitu Mempromosikan Bisnis Online – Jika kamu telah memulai sebuah bisnis online dan website toko online kamu juga sudah bisa menampilkan produk yang dijual, langkah selanjutnya adalah promosi. Promosi dilakukan supaya bisa menghasilkan penjualan. Semakin ramai jumlah pengunjung suatu website, maka semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan pembeli.

Baca juga : Masalah Pada Bisnis Online dan Solusi Tepat Untuk Menghadapinya

Tetapi sebagai pebisnis pemula, mungkin kamu belum mengetahui strategi apa saja yang bisa kamu terapkan. Jika kamu masih bingung, kamu bisa mencoba 8 cara jitu mempromosikan bisnis online yang akan kami bagikan berikut ini.

1. Email Marketing

Mengirimkan email marketing masih ampuh untuk mendapatkan pelanggan. Banyak orang yang selalu terhubung dengan email di handphone mereka, sehingga email yang kamu kirimkan kemungkinan akan terbaca.

Karena itu, manfaatkan data email yang kamu miliki untuk menghasilkan penjualan. Cobalah untuk mengirimkan penawaran ke pelanggan baru / menyapa pelanggan lama yang telah membeli produk kamu.

2. Siaran Pers

Mempublikasikan artikel siaran pers tentang bisnis kamu di media online bisa meningkatkan kredibilitas serta menjangkau orang – orang yang belum mengenal bisnis kamu. Dengan begitu orang – orang akan mencari tahu lebih lanjut tentang produk kamu.

3. Program Afiliasi

Buatlah program afiliasi marketing, Banyak orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan lewat internet. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti program afiliasi supaya bisa mendapatkan komisi jika berhasil menjual.

Sistem kerjanya adalah orang lain yang akan mempromosikan produk jualan kamu dengan membagikan tautan di media sosial atau di halaman blog. Lewat tautan itu kamu akan bisa emlihat siapa saja yang mendorong penjualan.

4. Membuat Blog

Untuk meningkatkan traffic, buatlah halaman kkhusus blog di website toko online kamu. Setelah itu, aktiflah membuat tulisan menarik yang berhubungan daengan produk. Contohnya, kalau kamu berbisnis pakaian, maka tulislah tentang gaya hidup dan fashion.

5. Search Engine Optimization

Untuk memaksimalkan SEO di website toko online memang membutuhkan waktu, tetapi ini akan sangat ampuh untuk membangun traffic organik ke dalam web.

Jika kamu kurang paham tentang ini, kamu bisa menggunakan jasa dari ahli SEO. Mereka akan lebih tahu strategi SEO yang tepat untuk bisa membuat website kamu ada di halaman pertama mesin pencari.

6. YouTube

Buatlah video kreatif untuk memancing penonton. Video dengan visual dan narasi yang bagus bisa menjadi viral ataupun bisa membuat orang penasaran untuk mencari tahu tentang produk kamu.

7. Review produk di blog

Kmau juga bisa menghubungi beberapa blogger terkenal untuk mendapat promosi. Karena mereka biasanya akan tertarik jika dikirimkan sampel produk untuk di review di blog mereka baik secara gratis atau berbayar.

8. Instagram

Kamu bisa mneggunakan instagramm untuk membagikan konten visual yang menarik, entah itu gambar ataupun video pendek tentang produk kamu. Selain itu kamu juga bisa melakukan endorsement dengan influencer supaya followermu meningkat dan mendapatkan pelanggan baru.