Cara Bisnis Online Tanpa Modal

Cara Bisnis Online Tanpa Modal

Cara Bisnis Online Tanpa Modal Secara Efektif

Dengan memiliki bisnis sendiri adalah impian banyak orang, tentunya untuk mulai bisnis kalian butuh modal. Maka Cara Bisnis Online Tanpa Modal jgua bisa kalian lakukan.

Banyak dari mereka yang dimulai menjadi seorang karyawan atau karyawan di perusahaan dan dimiliki orang lain terlebih dahulu. Dengan harapan bahwa kemudian mereka dapat mengumpulkan uang untuk digunakan sebagai modal untuk usaha.

Sayangnya, sebagian besar itu benar-benar terjebak dalam apa yang sering disebut sebagai zona nyaman. Dan juga banyak dari mereka yang benar-benar bingung untuk memulai usaha ketika mereka sudah berhasil mengkumpulkan uang untuk modal.

Di sisi lain, seiring dengan perkembangan teknologi, khususnya di bidang digital dan internet, kemungkinan seseorang membuka usaha bahkan lebih terbuka, bahkan lebih luas dari biasanya.

Bisnis tradisional yang cenderung “offline” bahkan semakin banyak pesaing yang datang dari dunia online, atau bahkan muncul kolaborasi baru antara dua, di mana salah satunya adalah dikenal sebagai toko online.

Tapi itu tantangan utama, di mana kemudahan masuk dan menjalankan bisnis online membuat persaingan ketat dan akan lebih parah.

Cara Jualan Online Tanpa Modal

Berbicara tentang modal, bisnis online juga menciptakan peluang bagi seseorang untuk membuka usaha di dunia digital dengan modal yang sangat minim atau bahkan tanpa perlu modal.

Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang cara penjualan online tanpa modal efektif bagi Anda yang tertarik membuka bisnis online tapi tidak belum memiliki cukup modal saat ini.

Beberapa cara penjualan online tanpa menggunakan modal yang bisa kalian mencoba untuk lakukan, antara lain, adalah sebagai berikut:

1. Menjadi Dropshipper

dropship

Menjadi dropshipper adalah salah satu cara penjualan online tanpa modal yang cukup efektif dan dapat menghasilkan keuntungan bagi anda yang mengerti strategi dalam melakukannya.

Apa itu Dropshipper? Pada dasarnya menjadi dropshipper berarti Anda menjual produk milik toko, distributor, atau bisnis lain maka setiap order mereka memproses dan mengirimkannya langsung ke pembeli tanpa melibatkan Anda.

Yang harus Anda lakukan hanyalah mencari dn mengelola pelanggan yang telah memesan kepada kalian.

Kemudian kalian melakukan pesanan ke toko pilihan anda, dan semua hal produksi, kemasan, dan pengiriman akan diatur oleh toko atau bisnis di mana Anda memesan produk.

Faktor-faktor penting untuk menjadi Dropshipper

Faktor-faktor penting yang harus diperhatikan jika Anda ingin menerapkan penjualan online tanpa modal dengan menggunakan metode Dropship antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pastikan toko atau bisnis di mana Anda memerintahkan telah menjamin kualitas, mulai dari kualitas produk hingga pengiriman.
  • Pastikan Anda juga memahami tentang produk yang Anda tawarkan, karena nantinya Anda akan melayani tanya jawab dan diskusi terkait dengan produk kepada pelanggan potensial,
  • Pastikan Anda tidak salah dalam menentukan harga. Terutama jika produk yang dijual mengikuti kurs mata uang asing karena dolar yang bisa berubah setiap saat. Sehingga perlu untuk mempertimbangkan dengan hati-hati.
  • Pastikan Anda juga tahu berapa jumlah biaya pengiriman dibebankan oleh toko atau bisnis di mana Anda memesan.

2. Menjadi Reseller Online

reseller

Serupa tapi tidak sama dengan metode dropshipper. Bagaimana penjualan online tanpa modal lebih lanjut adalah menjadi Reseller dari produk atau jasa yang ditawarkan secara online.

Perbedaan mendasar antara Reseller dengan dropshipper adalah pada biasa sistem Reseller diawajibkan Anda untuk membeli produk dalam jumlah besar di muka. Sehingga Anda akan mendapatkan harga diskon, kemudian menjual kembali produk ke pelanggan Anda dengan harga normal atau sesuai keinginan Anda.

Berarti tidak tanpa modal dong? Tidak juga, karena jika Anda ingin mencari dan belajar, biasanya banyak program reseller menawarkan tanpa menggunakan modal awal sama sekali. Yang perlu kalian lakukan adalah hanya mencari klien atau member.

3. Manfaatkan Sosial Media

Desain Foto Cover Facebook

Social Media juga salah satu cara penjualan online tanpa modal efektif karena akan mudah untuk ditemukan oleh orang lain di sosmed. Tidak ada biaya apapun untuk membuat akun sosial media kalian(kecuali kuota internet).

Didalam sosial media itu sendiri ada banyak cara yang Anda dapat mencoba untuk menjual untuk melakukan selain melalui profil pribadi. Yaitu dengan menciptakan halaman sosial media, membuat grup , dan juga melalui market palace yang disediakan oleh sosial media seperti facebook.

4. Manfaatkan Marketplace

toko-online

Cara untuk penjualan online tanpa modal ada;ah dengan membuka tokoonline di marketlace-marletplace terkenal sebagai Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan sebagainya.

Membuat akun di pasar ini juga gratis, tetapi akan dipotong biaya-biaya tertentu jadi pastikan harga jual Anda sudah termasuk perkiraan potongan tersebut sehingga Anda tidak memiliki uang yang hilang.

Itulah tadi cara untuk memulai bisnis kalian tanpa harus menggunakan modal. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan kalian manfaat dan membantu meningkatkan penjualan produk kalian.

Author: jordan smith