Ciri – Ciri Website Bisnis Online yang User Friendly

Ciri – Ciri Website Bisnis Online yang User Friendly – Sebuah website yang baik adalah website yang layoutnya seimbang dalam penggabungan sejumlah elemen penting, yaitu desain, navigasi dan fungsional. Selain itu tentunya website tidak rumit, menarik dan user friendly.

Baca juga : Cara Mudah Meningkatkan Branding Bisnis Online

Tak jarang pelaku bisnis online yang ingin membuat website kepada web developer supaya website mereka menjadi user friendly. Permintaan seperti itu sangat wajar, karena para pelaku bisnis menginginkan supaya website bisnisnya terlihat menarik dan memudahkan pengunjung dalam menemukan informasi sehingga pengunjung betah berlama-lama di websitenya.

Jadi pertanyaannya website yang user friendly itu yang seperti apa? Bagaimana ciri-cirinya? Mengapa banyak orang yang menginginkan website yang user friendly? Website yang user friendly terbukti menghasilkan clicktrough yang lebih besar. Ciri-ciri website yang user friendly adalah :

1. Berjalan dengan baik di semua perangkat

Perkembangan jaman yang semakin canggih, pengunjung tidak hanya mengakses internet melalui pc. Ada yang mengakses melalui tablet dan smartphone mereka, bakan ada juga yang mengakses dari layar yang kecil seperti smartwatch. Jika ingin website kita disebut website yg user friendly tentu saja website harus bisa di akses melalui perangkat apa saja. Selain menyesuaikan tampilan dengan ukuran layar, modul dan fitur yang tak perlu muncul di layar yang kecil bisa dihilangkan.

2. Loading yang cepat

Sebuah website bisa menjadi lebih berat jika terlalu banyak elemen. Dengan banyaknya elemen yang digunakan membuat website menjadi lambat dan nantinya akan ditingalakan pengunjung. Faktor kecepatan tentunya menjadi salah satu syarat website menjadi website yang user friendly.

3. Navigasi yang mudah dimengerti

Navigasi yang baik akan disenangi oleh pengunjung, menu navigasi yang akan menuntun pengunjung untuk menjelajahi konten web. Navigasi yang mudah dimengerti akan membuat pengunjung nyaman di website itu. Jika navigasi sulit dimengerti pengunjung akan mudah meninggalkan website itu.

4. Berisi konten yang berkualitas

Pengunjung lebih suka jika konten yang tampilkan menarik. Jika konten yang ditampilkan kurang menarik tentunya website akan mudah ditinggalkan oleh pengunjung. Konten yang berkualiatas adalah salah satu ciri website yang user friendly.

5. Teks yang mudah dibaca

Jika tulisan di sebuah website sulit dibaca mungkin karena perpaduan warna yang kurang tepat atau mungkin jarak yang terlalu rapat, ukuran yang kecil tentunya akan membuat pengunjung kesulitan dan mudah meninggalakan website. Karna kualitas tipografi juga menentukan apakah website itu user friendly, jadi buatlah pengunjung senyaman mungkin di website Anda.

6. Desain dan penempatan elemen yang menarik.

Desan layout yang dan penempatan elemen yang menarik tentunya akan membuat website menjadi website yang user friendly. Web developer harus tahu dimana harus meletakan tombol agar sering diklik oleh pengunjung. Selain itu harus bisa menempatkan menu navigasi dengan tepat agar pengunjung dengan mudah menjelajah website itu.