Gaji Pas-Pasan Tapi Mau Menabung ? Ini Strateginya

Gaji Pas-Pasan Tapi Mau Menabung ? Ini Strateginya

Untuk kalian yang sudah bekerja. Menabung tentu bukan sebuah hal yang baru lagi, mengingat kegiatan ini bahkan seringkali telah dikenalkan sejak seseorang masih kecil (usia sekolah). Hampir semua orang yang pernah menginjakkan kakinya di sekolah akan mengerti dan paham benar tentang manfaat menabung, sebab ibu dan bapak guru begitu sering mengingatkan hal ini di sekolah. Namun, bagaimana dengan realisasinya, berapa banyak sebenarnya orang yang bisa melakukan kegiatan tersebut dengan baik di dalam hidup mereka?

Meski terlihat mudah dan tidak merepotkan, namun pada kenyataannya kegiatan menabung kerap menjadi salah satu hal yang sulit untuk dijalankan oleh sebagian besar orang. Bukan hanya oleh mereka yang masih belum dewasa saja atau masih berusia sekolah, bahkan oleh mereka yang telah bekerja dan memiliki penghasilan sekalipun, kegiatan ini terasa sulit untuk dijadikan sebagai kebiasaan.

Ketika Anda berencana untuk melakukan sebuah kegiatan, maka tentu wajib mempertimbangkan efek serta manfaat yang akan Anda dapatkan atas kegiatan tersebut. Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk membiasakan diri dalam menabung. Jika Anda memahami dengan baik manfaat yang akan didapatkan atas kegiatan tersebut, maka keinginan untuk segera dan terus menabung juga akan semakin besar.

Apapun yang Anda butuhkan di dalam keuangan, pastikan untuk selalu memiliki banyak alasan untuk menabung, berapapun jumlah pendapatan saat ini. Simak beberapa strategi menabung berikut ini, yang bisa dilakukan untuk memiliki tabungan Rp10 juta dengan jumlah gaji yang pas-pasan:

  1. Atur Anggaran dengan Ketat
  2. Tempatkan Dana Darurat Sejak Awal
  3. Prioritaskan Kegiatan Menabung setelah Gajian
  4. Tempatkan Tabungan dalam Rekening Khusus
  5. Tabungkan dalam Nominal Tertentu
  6. Berhemat dan Tabungkan Setiap Hari
  7. Bawa Uang Pas saat Bepergian
  8. Pilih Tabungan Emas

Keberhasilan dalam menabung tentu akan sangat dipengaruhi oleh disiplin yang Anda miliki dalam mengelola keuangan. Hal ini akan jauh lebih mudah, jika ternyata memang bisa konsisten dan menjalani kegiatan tersebut secara berkesinambungan. Bukan hanya Rp10 juta saja, jumlah tabungan yang jauh lebih besar sekalipun sangat mungkin dimiliki, jika selalu disiplin dan konsisten untuk melakukan kegiatan tersebut.