Hendy Setiono Yang Sukses Bangun Bisnis Kebab

Hendy Setiono Yang Sukses Bangun Bisnis Kebab

Memulai bisnis memang salah satu pilihan dari jenis pekerjaan yang tidak pernah padam untuk dijalankan. Berikut kita akan bahas Kisah sukses Hendy Setiono yang sukses berbisnis KEBAB. Mungkin bagi sebagian orang nama Hendy Setiono masih terdengar fasih dalam telinga anda. Akan tetapi tahukah Anda bahwa beliau adalah pebisnis kebab yang kita kenal dengan nama Kebab Turki Baba Rafi? Beliau adalah pemilik sekaligus pendiri PT Baba Rafi Indonesia (bisnis waralaba kuliner dari Indonesia).

Bisnis pertamanya adalah Kebab Turki Baba Rafi yang dirintis mulai tahun 2003 di Surabaya. Nama Baba Rafi sendiri terinspirasi dari nama depan anak pertamanya yaitu Rafi Darmawan. Sedangkan nama Baba berasal dari bahasa Arab yang artinya bapa. Usaha Hendy Setiono dirintis ketika beliau masih duduk di bangku kuliah dan berumur 20 tahun. Beliau memulai usaha tersebut hanya dari sebuah gerobak dengan modal Rp 4 juta yang berasal dari pinjaman adiknya sendiri.

Salah satu pengalaman pahit beliau ketika memulai bisnisnya yakni uang hasil penjualan dibawa lari oleh karyawan, bahkan niatnya untuk menjalankan usaha ini sempat tidak mendapat persetujuan orang tuanya. Kesuksesan bisnis Hendy Setiono tidak memerlukan waktu lama. Dalam jangka waktu 3-4 tahun kerja kerasnya berhasil mengembangkan sayap bisnis di mana-mana. Hingga di penghujung tahun 2006, Hendy Setiono telah memiliki 100 outlet Kebab Turki Baba Rafi yang tersebar di 16 kota di Indonesia.

TV BBC London & majalah Business Week International pernah meliput usaha Hendy Setiono tersebut. Setelah itu ada orang yang menawari Hendy Setiono membuka outlet Kebab Turki Baba Rafi di Trinidad & Tobago dan Kamboja. Atas kesuksesan bisnis waralaba tersebut, beliau telah meraih berbagai penghargaan, baik dari dalam maupun luar negeri di antaranya Indonesian Small Medium Business Entrepreneur Award 2006 diberikan oleh Menteri Koperasi & UKM, Best Achievement at Young Entrepreneurs Award 2007 versi Bisnis Indonesia, Special Achievement Go International 2008 pada ajang Indonesia Franchise Award, dan masih banyak lagi.

Berbekal pengalaman mengikuti seminar dan memperkuat hubungan antarpebisnis, Hendy Setiono menciptakan motto LATEM yang merupakan kebalikan dari METAL. L: Lihat peluang yg ada. A: Amati caranya & lakukan. T: Tirukan cara yg mungkin dapat diadopsi. E: Evaluasi peluang itu. M: Modifikasi cara yang telah dipilih itu. Beliau menuturkan bahwa motto tersebut sudah ada sebelum bisnisnya dimulai sebagai motivasinya sendiri.

Salah satu sosok yang menginspirasinya dalam meraih sukses adalah kisah sukses Tony Fernandes, pemilik Airasia. Kini Hendy Setiono telah berhasil memiliki & mengembangkan 4 merek waralaba yakni Kebab Turki Baba Rafi, Roti Maryam Aba Abi, Piramizza, dan Ayam Bakar Mas Mono. Usaha Kebab Turki Baba Rafi Hendy Setiono pun telah berhasil menembus pasar internasional yaitu di Malaysia dan Filipina. Total outlet Kebab Turki Baba Rafi kini berjumlah 1000 outlet yang telah menghiasi tiga negara.

“Bagi saya dalam membangun bisnis harus memiliki karakter & passion yang kuat, berbisnis dengan komitmen & pantang menyerah. Ketakutan harus dirubah menjadi keberanian dengan secepatnya melakukan action agar dapat selalu mencreate “sesuatu” yg baru & inovatif dan pada akhirnya akan tetap menjadi yang terdepan, apalagi jika kita menawarkan produk-produk yg unik, berbeda, dan berkualitas. Ingat bagaimana nikmatnya berkah sukses dan tetap berpikir positif karena di setiap kegagalan mengandung hikmah, ujar Hendy Setiono seraya mengakhiri perbincangan kami dengannya.