Ingin Terjun Ke Dunia Bisnis ? Sebaiknya Perhatikan Ini

Ingin Terjun Ke Dunia Bisnis ? Sebaiknya Perhatikan Ini

Ketika anda mempunyai sejumlah ide atau gagasan yang terlintas untuk direalisasikan dalam dunia bisnis, apa yang terlintas dalam pikiran anda ? Bukan rahasia lagi kalau para milenial lebih tertarik bisnis daripada kerja kantoran. Dalam memulai bisnis, milenial cenderung masih mempunyai ego yang bisa menghambat mereka untuk berkembang. Agni Pratama selaku Vice President Business Development LiMa Group Craft Enthusiast, mengingatkan lima hal penting yang perlu diperhatikan milenial sebelum memulai bisnis agar usaha mereka bisa terus berkembang ke depannya. Ingin Terjun Ke Dunia Bisnis ? Sebaiknya Perhatikan Ini !

1. Jangan Semua Dipegang Sendiri

Menurut Agni, banyak pebisnis milenial yang masih memiliki ego terhadap bisnisnya. Salah satunya ada keinginan menangani semua bisnis miliknya sendiri. Padahal untuk mengembangkan bisnis perlu ada kolaborasi dengan pihak lain.

“Misalnya yang bukan desainer merasa seperti desainer padahal sama sekali nggak ada background desainer. Cuma karena desain pertamanya laris dia merasa gua desainer hebat. Ingat, dia itu bukan desainer tapi businessman, itu bisa bikin bisnisnya mandek. Sekarang banyak kok desainer yang mau bantu kamu nggak hanya dari sisi desainnya tapi juga function jadi ada perkembangan,” jelas Agni saat berbincang di bazaar The Local Market, Le Marison Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (2/3/2018).

2. Mulai dengan Jumlah Partner Ganjil

Pria yang sudah lebih dari sepuluh tahun bergerak di industri bisnis craft tersebut menganjurkan agar sebaiknya memulai usaha dengan partner yang jumlahnya ganjil. Hal ini juga bisa berpengaruh terhadap bisnis ke depannya.

“Kalau kamu butuh partner jangan satu tapi dua sekalian biar kalau ada apa-apa ke depannya, ada mediatornya. Saya sarankan kalau mau growing pastikan jumlah partner kamu ganjil,” kata Agni.

3. Melakukan Review

Penting untuk melakukan review terhadap produk Anda, model bisnis, hingga orang-orang yang bekerja bersama. Agni menyarankan untuk melakukam review tersebut setiap tiga atau enam bulan sekali agar tidak ketinggalan dengan yang lain. Review ini dilakukan bisa terus memiliki inovasi baru baik dalam perkembangan produk maupun model bisnisnya.

4. Financial Planning dari Tahun Pertama

“Financial planning perlu dilakukan sejak tahun pertama berbisnis, termasuk bikin journal, budget. Jadi harusnya tahun ini uang masih dari ngutang sana-sini, dua tahun kemudian harus tambah pinjam BRI, tahun ke tujuh cari dana lewat IPO, itu sudah direncanakan jangka panjang,” saran Agni kemudian.

5. Terus Riset

Agni menekankan pebisnis yang sukses selalu melakukan riset. Terus membaca, meneliti pasar, yang akan berguna dalam pengembangan bisnis. Jadi riset perlu dilakukan tak hanya ketika akan memulai bisnis tapi juga setelah bisnis tersebut berjalan.