Manfaatkan Sosial Media Untuk Karirmu

Manfaatkan Sosial Media Untuk Karirmu

Sukses dengan Media Sosial sudah bukan sebuah rahasia karena sudah banyak pebisnis sukses yang lahir dari Media Sosial. Media sosial dapat menjadi selingan yang menyenangkan dari pekerjaan sehari-hari kantor. Namun, media sosial juga dapat menjadi alat yang berguna untuk memajukan karir Anda, jika Anda tahu cara menggunakannya.

Bukan hanya membuat daftar resume Anda di LinkedIn dan atau menyukai minat yang sama dengan bos Anda di Facebook. Hal itu hanya langkah pertama bagi Anda untuk memulai karir.

Direktur Senior Pertumbuhan dan Pemasaran Hootsuite untuk Asia Pasifik, Roger Graham mengatakan Anda harus menggunakan media sosial untuk memperluas jaringan (professional branding) untuk membantu Anda menemukan pekerjaan atau menumbuhkan karier Anda.

Berikut ada Tips dan Cara Memanfaatkan Sosial Media Agar Karir mu Sukses :

Berdiskusi dengan pemimpin

Pertama-tama, Anda perlu membuat ide bisnis yang akan Anda jalankan, dan mulailah membuat konten untuk menampilkannya. “Ide ini harus sesuai dengan keahlian Anda, atau sesuai dengan karir yang Anda mau,” jelas Graham.

Dia menyarankan sering berbicara dengan para pemimpin industri dan membentuk opini tentang hal-hal krusial yang memengaruhi industri Anda. Itu tidak hanya akan membuat Anda lebih berpengetahuan tentang bidang subjek Anda, tetapi juga membantu Anda untuk menonjol dari rekan-rekan Anda.

Kurasi konten

Kedua, permudah orang-orang mengikuti Anda dengan membuat kalender konten. Idealnya, Anda harus berbagi postingan secara rutin agar orang-orang memperhatikannya, tetapi jangan terlalu sering agar postingan Anda tidak mengganggu mereka.

“Ini bisa mengambil bentuk artikel berita yang menarik, komentar singkat tentang berita atau potongan pendapat pemikiran kepemimpinan Anda sendiri,” kata Graham.

Pengembangan

Selanjutnya, pastikan untuk membagikan karya Anda di berbagai platform media sosial. Hal ini akan membantu Anda untuk memperluas jangkauan Anda dan terlibat dengan rekan baru.

Anda juga bisa membagikan karya Anda di organisasi atau perusahaan Anda. “tetap buka pilihan Anda,” saran Graham.

Membaur

Jangan lupa bahwa media sosial adalah tentang menjadi sosial. “Jangan sungkan untuk terlibat dengan konten orang lain, bagikan kepeloporan pemikiran mereka sendiri, dan tanggapi orang-orang yang terlibat dengan Anda,” jelas Graham.

“Ini adalah langkah penting dalam membangun jaringan Anda sendiri karena akan membantu Anda menjangkau jaringan di luar jaringan Anda sendiri.”