Masalah Pada Bisnis Online dan Solusi Tepat Untuk Menghadapinya

Masalah Pada Bisnis Online dan Solusi Tepat Untuk Menghadapinya – Untuk memulai bisnis online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan emulai bisnis offline. Yan gmembedakannnya adalah cara memasarkan produknya saja. Pelaku bisnis offline memasarkan produk / jasanya dengan cara bertemu langsung dengan konsumen. Sedangkan pelaku bisnis online memasarkan produk atau jasanya melalui internet tanpa harus bertemu secara langsung dengan konsumen.

Baca juga : 6 Trik Jitu Untuk Mengembangkan Bisnis Online

Tentu saja para pelaku bisnis online akan mendapatkan keuntungan karena konsumen semakin mudah membeli produk dengan bantuan internet. Maka tidak heran jika saat ini banyak orang yang tertarik untuk memulai bisnis online.

Tetapi dibalik keuntungan yang diberikan, untuk memulai bisnis online ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Saat kita memulai usaha ada beberapa hamabatan yang menghampiri kita. Hal ini yang membuat orang menyerah dengan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan untuk meninggalkan usaha onlinenya.

Hambatan apa saja yang dihadapi oleh pelaku bisnis online? Supaya Anda bisa menghadapinya, kami akan informasikan hambatan bisnis online dan solusinya.

1. Banyak penipuan di dunia maya. Ini akan menurunkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis online. Kasus penipuan yang sering terjadi adalah produk tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan atau uang telah dibayar, tetapi produk tidak dikirimkan. Hal itu membuat konsumen kecewa karena mereka membeli produk secara online. Mereka lebih yakin membeli produk secara offline karena bisa melihat dan memegang produk secara langsung.

Solusinya : Tampilkan alamat lengkap serta contact person yang sapat dihubungi oleh konsumen baik lewat chatting, sms, atau telepon. Kemudian jaga kualitas produk yang Anda tawarkan. Selain itu, lengkapi produk dengan informasi pendukung seperti harga produk , jenis produk, ukuran produk, bahan yang digunakan, dll sehingga konsumen bisa memperoleh informasi secara detail.

2. Persaingan bisnis yang sangat tinggi. Perkembangan teknologi yang pesat mendukung banyak orang memasarkan produknya melalui internet. Jadi bisa dipastikan bisnis ini akan sangat kompetitif. Sudah ribuan orang yang menjalankan bisnis toko online, reseller produk, ataupun affiliate di berbagai negara.

Solusinya : tawarkan produk yang memiliki keunikan tersendiri, dengan begitu persaingannya tidak terlalu tinggi. Setelah itu dukung juga dengan kegitan untuk mempromosikan bisnis onine seperti memasang iklan baris / banner di blog terkenal, bergabung dengan forum bisnis online, optimasi seo, atau memasarkan secara offlne

3. Masalah koneksi internet. Mungkin koneksi internet tidak menjadi masalah bagi para pelaku bisnis online di perkotaan. tetapi koneksi internet masih sangat terbatas di daerah pinggiran.

Solusinya : manfaatkan modem internet yang sudah banyak diproduksi oleh provider komunikasi. Sebaiknya pilih modem yang sinyalnya bagus di daerah Anda supaya koneksi tidak terhambat. Tidak perlu khawatir untuk biayanya karena saat ini biaya berlangganan internet sudah terjangkau.

4. Pengetahuan tentang bisnis online yang terbatas. Banyak oroang yang menjalankan bisnis online atau mmebuka toko online, tetapi ia tak mengetahui hal apa yang harus dilakukan untuk mendukung kesuksean bisnisnya. Sehingga bisnis online yang dijalankannya tidak optimal.

Solusinya : Anda bisa mempelajari buku bisnis online yang banyak beredar di pasaran untuk menambah pengetahuan Anda. Bisa juga mencari panduan atau mengikuti seminar yang kini banyak ditawarkan oleh para pakar internet marketing dan pakar bisnis online.

Setelah mengetahui solusi dari setiap hambatan dalam bisnis online, Anda tak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis online. Yang paling penting adalah kuatkan tekad ANda karena setiap masalah pasti ada solusinya.