Melihat Kisah Sukses Bos Gojek, Bukalapak Dan Tokopedia

Melihat Kisah Sukses Bos Gojek, Bukalapak Dan Tokopedia

Dunia bisnis sekarang sudah merajalela. Bahkan menurut survey banyak kisah pengusaha sukses yang lahir dengan mengawali Bisnis Online.

Bahkan nama ini juga termasuk dalam Daftar orang-orang terkaya di Indonesia pada tahun 2018 telah dirilis oleh Globe Asia. Dalam daftar itu, tercatat orang terkaya di Indonesia memiliki harta sampai USD 21 miliar atau sekitar Rp 303 triliun (1 USD = Rp 14.438).

Nadiem Makarim

Berada di peringkat 150, terdapat nama pendiri Go-Jek: Nadiem Makarim (33). Total kekayaan Nadiem ditaksir mencapai USD 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun.

Nadiem adalah lulusan dari dua kampus Ivy League, yakni Universitas Brown dan Sekolah Bisnis Harvard. Di Brown, ia mengambil S1 jurusan Hubungan Internasional.

Setelah berhasil sukses di Indonesia, Go-Jek tengah berencana untuk lanjut ekspansi di empat negara Asia Tenggara, yakni Filipina, Thailand, Vietnam, dan Singapura.

Achmad Zaky

Naik satu peringkat ke nomor 149, ada nama Achmad Zaky (31), salah satu dari pendiri Bukalapak. Kekayaan dari alumnus ITB ini ditaksir mencapai USD 105 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun.

Di bawah kepemimpinannya, Bukalapak tidak sebatas aktif di dunia dagang, melainkan membangun relasi dengan beragam komunitas masyarakat.

Bukalapak memperkuat komunikasi dengan pelapak mereka lewat wadah bernama Komunitas Pelapak, dan kemudian lanjut bertemu komunitas lain dari beragam latar belakang seperti para santri dan Bhayangkari.

Sekadar diketahui, Achmad Zaky kerap bercerita tentang perjuangannya membangun perusahaan rintisan hingga sesukses saat ini. Menurut Zaky, untuk mendirikan e-commerce dan memboyong Bukalapak ke fase yang sekarang tidaklah mudah.

Dia bahkan sempat menyebut, untuk membangun suatu usaha, terutama startup, seseorang harus memiliki mental kecoak. Mental kecoak yang dimaksud adalah mental di mana harus berani memperjuangkan sesuatu dengan kondisi seadanya. Bedanya, di sini harus memiliki keinginan untuk survive layaknya kecoak yang jika dibunuh tetap meronta-ronta bergerak.

William Tanuwijaya

Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya (36), berada di posisi 148. Lulusan Binus yang pernah menjadi penjaga warnet ini ditaksir memiliki harta USD 130 juta atau sekitar Rp 1,8 triliun.

Pada akhir tahun lalu, Tokopedia mendapat suntikan dana sebesar USD 1,1 juta dari raksasa e-commerce Alibaba. William menyebut fokus utama Tokopedia setelah mengantongi suntikan dana Rp 14,7 triliun ini adalah ingin membangun pusat riset dan pengembangan (R&D, Research and Development) di dalam negeri.