Tips Berbisnis Untuk Wanita Dari Menteri Susi Pudjiastuti

Tips Berbisnis Untuk Wanita Dari Menteri Susi Pudjiastuti

Memulai bisnis memang salah satu pilihan dari jenis pekerjaan yang tidak pernah padam untuk dijalankan. Keuntungan yang relatif lebih besar daripada jenis pekerjaan ini menjadi salah satu alasan mengapa masyarakat Indonesia banyak melakoni bisnis.

Dalam memulai usaha atau berbisnis terhitung susah-susah gampang. Ya, menjalankan bisnis tidaklah mudah khususnya bagi para wanita yang baru mau merintis. Ada banyak sekali tantangan yang haarus dilewati agar bisa bertahan hingga sukses. Diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang tepat untuk bisa sukses.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa para wanita yang ingin berbisnis haruslah menanamkan mindset (pola pikir) bisnis dalam pikiran Anda. Para wanita yang memulai bisnis harus bisa mengatur keuangan mereka.

“Pertama bagi wanita pemula yang ingin berbisnis haruslah punya mindset bisnis dalam pikirannya. Mereka juga harus bisa mengelola keuangan, hemat, jangan besar pasak daripada tiang,” kata Susi kepada CNBC Indonesia.

Selanjutnya, fokus menjadi salah satu kunci sukses berbisnis untuk pemula sebab tentunya Anda Anda akan mencurahkan semua tenaga dan pikiran pada bisnis itu. Kemudian Menteri Susi menyarankan agar berinovasi dan ikuti keperluan customer dan pasar.

Rutinlah melakukan update (pengkinian) produk juga menjadi tips penting bagi pebisnis pemula. Ini untuk menghindari agar pelanggan Anda tidak beralih ke yang lain.

“Jangan sampai konsumen beralih menggunakan produk kompetitor untuk itu update terus produk kita agar bisnis bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Ingat perhatikan kebutuhan pasar yang baru,” ucap Susi.