Tips dan Trik Promosi Bisnis Kuliner di Instagram

Tips dan Trik Promosi Bisnis Kuliner di Instagram – Instagram merupakan salah satu media sosial yang menjadi primadona untuk memperomosikan usaha kuliner di era digital seperti sekarang ini. Konsumen juga bisa langsung melihat produk yang ditawarkan dengan review dari orang yang sudah mencoba atau membeli suatu kuliner. Karena menjadi media sosial favorit banyak orang, maka akan timbul persaingan yang cukup ketat dengan para pengguna lainnya.

Baca juga : Lima Risiko Bisnis Online yang Harus Dihindari

Berikut ini akan kami bagikan tips dan trik promosi di instagram untuk usaha kuliner.

1. Positng foto setiap hari

Waktu paling tepat untuk memposting foto kuliner Anda adalah pada siang hari saat jam makan siang. Selain jam itu, carilah waktu para pengguna media sosial sedang aktif, misal pada jam 3-4 sore, dan jam 7-8 malam

Jangan membanjiri followers dengan foto secara membabibuta karena akan membuat followers Anda merasa tidak nyaman. Cukup upload foto 2 – 3 setiap harinya.

2. Foto yang ditampilkan harus berkualitas

Foto yang berkualitas akan menarik perhatian dari para followers Anda. Perhatikan teknik pengambilan gambar dan resolusi foto yang Anda posting.

3. Mengamati trend visual yang populer saat ini

Anda harus mengamati trend yang terjadi saat ini. Pelajari teknik pengambilan gambar yang tengah naik daun dan digemari banyak orang. Misalnya minimalist, flatlays, candy minimal dan sebagainya.

4. Memberikan foto yang menarik untuk membangun cerita

Banyak orang yang tertarik dengan sebuah proses, sehingga memberikan foto – foto yang terkait dengan proses yang terjadi di dapur Anda bisa menjadi nilai plus. Biarkan konsumen mengetahui aktivitas ANda bersama tim.

5. Melibatkan konsumen

Memperhatikan konsumen akan memberikan ksean positif pada usaha kuliner yang Anda bangun. Contonhnya berbagi pengalaman mengenai hasil kuliner yang telah mereka konsumsi.

6. Menggunakan hashtag

Hastag di instagram sangat penting untuk membangun jaringan. Gunakan hastag yang mudah diingat dan berkaitan dengan brand Anda. Jika Belum memiliki hastag sendiri, cobalah menggunakan hashtag umum seperti #makansiang, #makanmalam, dan sebagainya.

7. Memberikan promosi khusus bersyarat

Teknik ini kerap dilakukan oleh pebisnis online, baik emnggunakan instagram ataupun media sosial lainnya. Salah satu caranya ialah dengan memberikan pulsa atau kupon gratis bagi yang merepost foto Anda.

8. Memanfaatkan endorsement

Supaya usaha Anda cepat berkembang, mencari endorsement yang memiliki followers banyak untuk membantu mempromosikan usaha Anda akan menjadi pilihan terbaik.

Jika tertarik dengan endorsement, perhatikan soalfollowers yang merek amiliki. Banyak akun yang menggunakan boot untuk meningkatkan jumlah followers, jadi kejelian Anda sangat diperlukan.

Jangan sampai Anda merugi karena telah mengeluarkan banyak uang tetapi jumlah orderan tidak meningkat.

Itulah tips dan trik promosi usaha kuliner di instagram yang umum dilakukan. Gunakan imajinasi dan kreatifitas Anda untuk menemukan cara terbaik mengembangkan usaha kuliner Anda.